fbpx

Rumah Pondok Cina Situs Bersejarah Yang Perlu Dilindungi Pemkot Depok

DEPOKLIK. Rumah Pondok Cina yang terletak di area Margo City nasibnya mulai memprihatinkan. Padahal jauh ke belakang tempat tersebut menyimpan sejarah panjang tentang negeri ini.

Sejarawan JJ. Rizal, dalam kegiatan ngabuburit napak tilas sejarah Depok bertajuk “Rumah Pondok Cina” mengatakan bahwa bangunan tersebut merupakan situs bersejarah yang harus diperhatikan dan dilindungi Pemerintah Kota Depok.

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1648 itu menjadi saksi bisu jalur perdagangan Nusantara di kancah internasional.

“Depok jadi satu tempat transit dan rumah cina kalau utuh menyatu sampai ke belakang akses ke ciliwung,” kata Rizal, di Rumah Pondok Cina, Margo City, Depok, Sabtu (25/6).

Menurutnya, bangunan yang berumur lebih dari 50 tahun dan memiliki nilai sejarah tinggi keberadaannya harus dilestarikan. Selain itu, bisa mendapat pengakuan benda cagar budaya dari pemerintah pusat.

Rumah Pondok Cina dengan design unik harusnya bisa menjadi salah satu icon bagi Kota Depok yang saat ini krisis identitas. Apalagi bangunan tersebut memiliki history hubungan Indonesia dan Cina yang paling tua.

“Bangunan bersejarah seperti Rumah Pondok Cina bisa menjadi city branding bagi kota Depok,” katanya.

Kegiatan napak tilas sejarah Depok “Rumah Pondok Cina” diinisiasi oleh Forum Komunitas Hijau (FKH) Depok bersama sejarawan JJ. Rizal.

Dalam paparannya Koordinator FKH Depok, Heri Syaefudin mengatakan bahwa sejarah merupakan bagian dari proses peradaban manusia. “Bicara sejarah juga bicara keberlanjutan kota,” ujarnya.

Selain itu, area di sekitar situs sejarah bisa dijadikan kawasan terbuka bagi warga untuk berinteraksi. “Supaya masyarakat tau sejarah kotanya sendiri,” tuturnya.

(baf)

Leave a Comment