Secuil Surga di Pinggir Ciliwung

Siang itu, arus Sungai Ciliwung sedang deras-derasnya. Bahkan di malam sebelumnya, tinggi air sudah sampai menggenangi area di sekitar pos pantau Ratu Jaya, Depok.

Banyaknya lumpur dan sampah plastik yang berserakan menjadi bukti jika air Ciliwung telah meluber hingga ke daratan yang tingginya sekitar satu setengah meter dari sungai.

Namun, semuanya kembali bersih seperti sediakala ketika datang seorang perempuan beratribut pramuka dan pria berseragam Palang Merah Indonesia (PMI) kemudian dengan sigap menyapu dan membersihkan sampah yang ikut terbawa banjir semalam.

Meski begitu, derasnya arus sungai tidak membuat mata ini lepas dari keindahan dan keasrian alam di tepian Ciliwung.

20160312132642

Mungkin masih banyak yang belum tau keberadaan tempat ini. Bergaya rumah panggung dan bermaterialkan bambu, pos pantau Ciliwung berdiri kokoh menghadap tepat ke salah satu sungai terpenting di Tatar Pasundan itu.

Pemandangan di sekitar pos pantau masih tergolong asri. Bahkan teriknya cuaca siang tidak terasa berkat rimbunnya pepohonan. Semilir angin yang berhembus ditambah derasnya suara arus sungai akan semakin membuat siapa saja betah berlama-lama di sini.

20160312150438

Jika tidak sedang musim penghujan, arus Ciliwung relatif lebih tenang. Bahkan bebatuan di dasar sungai bisa terlihat oleh mata. Kedalamannya pun hanya setinggi betis orang dewasa. Bila kondisi seperti itu tak heran Anda akan melihat anak-anak dan orang dewasa berenang di sini.

Beberapa kolam ikan (empang) juga dapat ditemui di area pos pantau Ratu Jaya. Bahkan menurut pengakuan penggerak lingkungan di tempat ini, Hidayat Rinjani, di sepadan Ciliwung masih bisa dijumpai tanaman bambu tutul yang sudah mulai langka.

20160312131311

Meski bukan di kawasan pegunungan, di sini kita juga akan disajikan pemandangan unik berupa mata air yang terus mengalir secara alami tanpa bantuan pompa.

Namun, bila Anda ingin berkunjung atau sekedar melepas penat di sini siapkan makanan dan minuman dari rumah, karena di sekitar lokasi tidak terdapat warung. Tapi ingat, sampah yang tersisa jangan dibuang sembarang. Jaga alam dan lingkungan untuk diwariskan ke anak cucu kita kelak.

(baf)

Recommended For You

About the Author: noer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *