fbpx

Selamat! Pasar Sukatani Raih SNI Kemendagri

DEPOKLIK. Dinilai telah memenuhi persyaratan teknis dan pengelolaan dengan klasifikasi Tipe IV, pasar Sukatani Depok mendapatkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Kementerian Perdagangan RI.

Penghargaan yang diberikan di awal Desember ini diserahkan langsung oleh Direktur Standarisasi dan Pengendalian Mutu Kemendagri, Chandrini M. Dewi.

Ada beberapa persyaratan teknis untuk mendapatkan predikat SNI, meliputi ukuran luas pasar, pos ukur, zonasi, area parker, area bongkar muat, lebar gangway, kantor pengelola, toilet, dan wastafel.

Sedangkan persyaratan Pengelolaan meliputi informasi identitas pedagang, informasi kisaran harga, informasi zonasi pasar, dan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pertama Di Jawa Barat

Pasar Sukatani Kota Depok merupakan pasar rakyat kelima yg telah memperoleh SNI dari sekian ribu pasar rakyat yg ada di Indonesia.

“Untuk Jawa Barat, baru Pasar Sukatani yg sudah memperoleh sertifikat SNI,” ujarnya ketika ditemui selepas penyerahan langsung Lembaga Sertifikasi Produk kepada Walikota Depok di Lapangan Balaikota.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok M. Fitriawan mengaku bersyukur dengan raihan SNI tersebut. Hal ini menunjukkan meski berstatus pasar rakyat, pengelolaan sukatani seperti mengelola pasar modern.

“Kesungguhan ini menunjukkan bahwa Pemkot Depok merespon aspirasi masyarakat sekarang yang menghendaki pasar rakyat yang tertib, bersih dan nyaman. Semoga semua pihak juga mendukung pengelolaan berdasarkan SNI ini dan bisa dipertahankan untuk waktu yang akan datang,” pungkas mantan Kadiskominfo tersebut.

(why)

Leave a Comment