fbpx

SMA Yapemri dan LP3I Adakan Lomba Keterampilan Baris Berbaris

SMA Yapemri bekerja sama dengan LP3I mengadakan Lomba Keterampilan Baris Berbaris, Minggu (8/3/2015) (foto: Dwi Hariyunita).
SMA Yapemri bekerja sama dengan LP3I mengadakan Lomba Keterampilan Baris Berbaris, Minggu (8/3/2015) (foto: Dwi Hariyunita).

SMA Yapemri bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB), Minggu, 8 Maret 2015. Lomba yang dinamakan “LKBB Yuk Mari IV” ini merupakan akronim dari Lomba Keterampilan Baris Berbaris untuk Kebersamaan, Maksimalkan Aksi, Raih Impian. Lomba kali ini merupakan acara yang keempat kalinya dan rutin diadakan setiap dua tahun sekali oleh SMA Yapemri. Kegiatan ini diikuti para pelajar SMP dan SMA/SMK se-Jabodetabek.

Acara dibuka dengan pemukulan gong oleh Kepala Sekolah SMA Yapemri, Tatty Rochaety dan disambut dengan iringan musik dari marching band SMA Yapemri. Membuat suasana kian semarak.

“Tujuannya pastinya mau memberikan wadah untuk generasi muda, daripada mengikuti kegiatan yang bersifat negatif, mendingan mereka ikut acara baris-berbaris seperti ini,” kata Marthen Yosephus, Wakil Ketua LKBB kepada Depoklik.com di SMA Yapemri, Depok, Minggu, 8 Maret 2015.

Wakil Kepala Sekolah SMA Yapemri Suswanto menambahkan, “Kami selaku pembina di sekolah ikut berpartisipasi dalam mengembangkan, khususnya paskibra di Kota Depok untuk membina generasi muda, yang kita selenggarakan pada tingkat SMP dan SMA/SMK. Kita ingin memperkenalkan Paskibra kepada anak-anak muda seperti tingkat SMP, agar mereka mengenal paskibra itu seperti apa.”

Suswanto berharap acara ini dapat membangun sikap disiplin, menanamkan sikap cinta Tanah Air serta sikap mau membela negara para generasi muda.

Peserta yang mengikuti lomba ini ada sebanyak 21 sekolah, terdiri dari 11 pasukan LKBB tingkat SMP dari Jabodetabek dan 10 pasukan tingkat SMA/SMK dari Kota Depok dan Bogor.

Para peserta dinilai oleh tiga juri, yakni Bripda Nurul Ashar, Aris Prayogo dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Depok, dan Julia Jasmine dari Ikatan Alumni Paskibra Yapemri. Ada dua kriteria yang menjadi penilaian ketiga juri ini yaitu secara regu dan pribadi untuk komandan regu.

Poin penilaian secara regu antara lain gerakan wajib, kekompakan, kerapihan, keindahan, keseragaman, dan kelurusan barisan. Sedangkan poin penilaian untuk komandan, yakni intonasi suara, artikulasi, penguasaan lapangan, dan cara memberikan aba-aba.

“Harapannya mereka nggak cuma berkompetisi, tapi bisa nyari temen di sini sehingga acara ini bisa menjadi alat pemersatu bukan pemecah. Semoga acara LKBB ini bisa dikenang oleh para peserta, jadi mereka mau nantinya mengikuti acara ini jika kami menyelenggarakannya lagi,” tutur Marthen.

Frd

Leave a Comment