fbpx

Tertarik Membeli Rumah “Second”? Perhatikan Ini Dulu!

Kini, mencari rumah baru di perkotaan sangat sulit. Selain lahannya yang sudah hampir tidak ada, harganya pun mahal. Salah satu cara untuk mendapatkan rumah di wilayah perkotaan ialah dengan membeli rumah bekas atau second.

Membeli rumah bekas memang menjadi pilihan saat ini. Selain tidak perlu mencari pengembang atau perumahan yang sudah mumpuni dengan harga yang selangit, lokasi yang strategis juga jadi alasan untuk membeli rumah bekas.

Namun, dalam membeli rumah bekas juga harus diperhatikan surat-surat dan kelengkapan lain. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah bekas seperti dilansir okezone.

1. Lokasi
Lokasi yang strategis menjadi alasan utama saat membeli rumah bekas. Tujuan utama membeli rumah itu ialah untuk mendapatkan posisi yang memiliki akses mudah.

2. Fisik Bangunan
Hal ini menjadi sangat penting jika akan membeli rumah second. Karena, pengecekan ini terkait biaya yang akan dikeluarkan setelah resmi dibeli. Pemilik baru biasanya memiliki keinginan khusus untuk sedikit memoles rumah hingga sesuai dengan yang diinginkannya.

3. Legalitas
Pastikan surat-surat dan sertifikat rumah lengkap. Dengan begitu, Anda akan mengetahui pemilik sah rumah itu. Hal ini juga menghindarkan Anda dari masalah di kemudian hari seperti sengketa tanah atau sertifikat tanah ganda.

DN/rw/okz
Foto: ist.

Recommended For You

About the Author: fredrick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *