Tips Merawat Mobil Kesayangan Agar Senantiasa Eye Catchy

Depoklik- Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, panas yang terkadang diselingi hujan, tentu saja memberikan dampak yang kurang baik terhadap kendaraan Anda, khususnya bagian cat mobil. Bila tidak dirawat tentu saja mempengaruhi tampilan mobil kesayangan. Lalu, bagaimana merawat bagian bodi mobil agar senantiasa keliatan berkilau dan eye catchy?

Beberapa waktu lalu, depoklik sempat menyambangi Lumensceramic, yaitu tempat perawatan cat mobil dengan sistem nano ceramic yang terletak di perbatasan Cinere – Karang Tengah tepatnya Ruko Villa Delima No.29, Karang Tengah.

Dalam kesempatan itu, depoklik mewawancarai langsung Herry, selaku pemilik jasa perawatan cat mobil Lumensceramic. Pria yang berwajah ganteng itu mengatakan bahwa cuaca yang tidak menentu tentu saja memberikan dampak yang kurang baik terhadap cat mobil, apalagi kalau si pemilik kendaraan terlalu sibuk dan tidak punya waktu untuk mencuci, khususnya setelah kena hujan.

“Air hujan yang mengadung asam, tentu saja akan meninggalkan bekas, misalnya jamur, sebisa mungkin ketika tiba di rumah langsung disiram seluruh permukaan bodi mobil dengan air bersih agar kotoran yang melekat juga ikut bersih, lalu dilap sampai kering” ujarnya.
Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa penggunaan produk yang tepat juga memberi pengaruh terhadap cat mobil.

Lalu, seperti apa tips yang baik dalam merawat cat kendaraan ala Lumensceramic?
Herry menyampaikan, bahwa hal pertama yang perlu dipersiapan adalah shampo mobil yg aman untuk mobil, yaitu mempunyai PH ballance agar cat tidak kusam dikemudian hari, kemudian Washmitt, Microfiber, kanebo serta Busa/spone. Ketika mencuci mobil, usahakan agar tidak di bawah terik matahari langsung dan pada saat mesin mobil dalam keadaan panas.

Setelah semua dipersiapkan, siram mobil dengan air hingga seluruh kotoran yang menempel bersih, selanjutnya di washlap dengan shampo menggunakan washmitt, kemudian dilap menggunakan microfiber karena tidak menyerap pasir. Jangan lupa, bagian sela-sela mobil dibersihkan dengan kanebo. Sedangkan untuk vleg, sebaiknya menggunakan spone dan sikat halus.

Terkait dengan produknya, Herry mengatakan bahwa salah satu cara untuk mencegah kerusakan pada cat mobil adalah dengan mengaplikasikan coating pada bodi mobil.
“Coating bodi mobil merupakan sebuah cara dalam melindungi cat mobil agar dapat bertahan lama dan mempunyai sifat permanen. Sebelum proses coating, mobil harus dipoles untuk menghilangkan jamur body, baret halus, Swir mark. Sedangkan baret yang agak dalam harus diminimalisir bekas goresannya” ujar Herry

“Proses dalam coating itu menggunakan nano ceramic dimana bahan yang digunakan sejenis cairan alica. Setelah selesai diaplikasikan dengan baik, cairan ini akan mengering serta mengeras dan berubah seperti kaca. Cairan alica yang telah mengering dan mengkilap ini akan menutup pori-pori pernis mobil sehingga cat mobil terlindungi dan pada saat terkena air hujan tidak akan menempel pada bodi karena air langsung jatuh turun ke bawah, proses pengerjaan nanoceramic memakan waktu 2  sampai 3 hari ” tambahnya lagi, sambil sruput kopi panasnya.

Recommended For You

About the Author: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *