Tol Depok–Antasari Seksi I Beroperasi Mei 2017

DEPOKLIK. Jalan tol yang membentang dari Depok–Antasari (Desari) seksi I Antasari–Andara sepanjang 3,61 kilometer ditargetkan akan rampung di bulan Mei tahun depan serta beroperasi tiga bulan.

“Saat ini konstruksi seksi I sudah mencapai 49 persen dengan tingkat pembebasan lahan sebesar 90 persen,” kata Direktur Utama PT Citra Waspphutowa, Tri Agus, hari ini, seperti dilansir Depoklik dari laman JPNN.

Diharapkan dalam waktu dekat lahan yang tersedia akan meningkat menjadi 94 persen. “Kalau tanahnya segera bebas, konstruksi harapan saya bisa ngebut,” ujar dia.

Dengan rampungnya Antasari Interchange pada tahap awal realisasi pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari diharapkan akan membantu mengurangi kepadatan lalu lintas jalan arteri yang semakin meningkat. Misalnya, di Jalan Raya Sawangan dan Jalan Margonda yang menjadi jalur utama dari Depok menuju Jakarta atau sebaliknya.

Jalan Tol Depok-Antasari sepanjang 22 km nantinya akan menghubungkan Jakarta dengan Depok. Tol ini juga akan melintasi wilayah Cilandak, Pangkalan Jati, Gandul, Krukut, Sawangan dan Bojong Gede.

Pembangunan Dibagi Dua Tahap

Dalam pembangunannya, tol Depok-Antasari akan dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama sepanjang 12 kilometer dimulai dari Jalan Antasari hingga Sawangan.

Sedangkan pada tahap kedua membentang sepanjang 9,5 kilometer mulai dari Sawangan hingga ke Bojonggede di Bogor.

Pembangunannya terdiri dari dari 5 seksi pekerjaan dengan perkiraan biaya menghabiskan Rp 1,46 triliun dengan dana investasi sebesar Rp 2,99 triliun.

Penyelesaian pekerjaan proyek tol Desari ini akan berdampak positif untuk wilayah sekitarnya karena kemudahan akses menuju kawasan T.B. Simatupang dan Antasari.

“Wilayah ini sudah hidup, tidak seperti Alam Sutera atau Serpong yang terbentuk karena pembangunan-pembangunan proyek baru,” ujar Vice President Coldwell Banker Comercial Dani Indra.

Wilayah di sekitar lokasi Antasari akan menjadi kawasan yang yang strategis. Kawasan Antasari, lanjut Dani, merupakan titik persimpangan yang menjadi alternatif jalan bagi masyarakat dengan adanya tol Desari.

(ard)

Leave a Reply