fbpx

Website Anda Cermin Perusahan Anda

Semakin berkembangnya jaman dan banyaknya para pengakses digital tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, sebut saja selama masa pandemi Covid-19, peningkatan para pengakses internet meningkat masif, salah satu penybabnya karena beberapa instansi pemerintah dan perkantoran swasta mengeluarkan kebijakan work from home (WFH) bagi karyawannya.

Terlepas dari wabah Covid-19, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 64% dari 272,1 juta penduduk sejak awal Januari 2020 berdasarkan data riset platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social, yang artinya akan terus meroket hingga mendekati 100 persen jumlah penduduk Indonesia.

Berdasarkan data diatas, sangat perlu sekali untuk dipahami betapa pentingnya website sebagai sarana marketing produk atau jasa dari bisnis yang tengah Anda geluti. Banyak perusahaan yang sudah mempunyai website, baik itu perseorangan, UKM, organisasi, maupun perusahan yang besar tapi tidak ada yang dihasilkan dari website yang sudah dibuat, bahkan sebagian dari website tersebut terlantar dengan sia-sia. Hal ini tentu menjadi preseden buruk bagi bisnis mereka dimata konsumen.

Terkait persoalan tersebut, sangat penting sekali adanya tim IT yang berpengalaman atau konsultan yang memahami betul bagaimana membangun website yang efektif. Bukan sekedar untuk pencitraan bisnis namun juga untuk menghasilkan konversi atau penjualan produk/jasa terutama di masa pandemi seperti sekarang ini dimana ruang gerak pemasaran dilapangan sangat terbatas.

Bagi usaha yang ingin memiliki website namun tidak mempunyai tim IT khusus sehingga menggunakan jasa pembuatan website, berikut kami bagikan tips dalam memilih jasa dalam pembuatan website agar budget yang di keluarkan tidak sia-sia:

Jangan Tergiur Harga Murah

Banyaknya aplikasi pembuat website instant membuat mereka yang merasa memahami menggunakan aplikasi tersebut menjaring orang awam yang tidak paham soal website untuk menggunakan jasa mereka dengan iming-iming harga murah, padahal website yang dihasilkan belum tentu sesuai standar. Masalah yang paling umum pertama kali muncul adalah website yang berat atau lemot ketika di akses dan biasanya ini terjadi setelah menerima cukup banyak visitor. Ini wajar terjadi karena website murah biasanya mengunakan hosting yang murah juga, dengan spesifikasi komputasi yang rendah untuk menyesuaikan harga jasa.

Dampaknya bagi bisnis adalah peluang pembeli atau pelanggan yang datang dari visitor website menjadi hilang karena kesulitan mengakses. Ibarat membeli “ember bocor” visitor tidak tertampung dan menghilang. Semakin merugikan lagi ketika website seperti ini dijadikan sebagai landing page iklan online, dengan kondisi seperti ini maka bersiap-siaplah uang melayang sia-sia.

Solusi dari masalah tersebut sebenarnya cukup mudah, cukup tanyakan pada penyedia pembuatan website jasa hosting apa yang akan dipakai? apabila sudah dapat jawabannya tinggal cek saja di google reputasi jasa penyedia hosting tersebut apabila ditemukan ulasan yang bagus silahkan lanjutkan, namun jika ternyata banyak ulasan buruk lebih baik berfikir ulang untuk meneruskan, namun yang terbaik adalah jika penyedia jasa pembuatan website sudah memiliki server pribadi untuk dijadikan hosting karena lebih dapat dipertanggungjawabkan dari sisi performa website maupun keamanan.

Kenali Developer Pembuat Website

Untuk mendapatkan jasa pembuat web yang profesional, jangan pernah ragu untuk menanyakan portofolio mereka. Portofolio bisa menjadi acuan profesionalitas dan jam terbang developer yang akan membuat website Anda. Dengan mengetahui portofolio, Anda juga bisa menilai integritas penyedia layanan jasa pembuatan website. Dan yang terpenting Anda bisa mengecek kualitas pekerjaan developer dari skor website yang sudah pernah dibuat, untuk melakukan hal tersebut cukup copas url (link domain) website yang dijadikan contoh lalu tes menggunakan tools berikut:

https://gtmetrix.com

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Website yang berkualitas akan menghasilkan skor yang bagus juga

Pastikan Keamanan Data Website Terjamin

Banyak sekali usaha kecil bahkan perusahaan merasa percaya diri kalau website yang mereka miliki tidak akan diretas (hack) dengan alasan tidak punya musuh pesaing atau bukan usaha yang terkenal. Jangan salah, hacker bukanlah sebuah profesi melainkan ajang unjuk kebolehan. Banyak sekali komunitas hacker diluar sana yang memilih target secara acak sekedar untuk memamerkan keberhasilan meretas sebuah website. Mereka yang tidak perduli dengan masalah keamanan website sebenarnya hanya tinggal menunggu waktu dan ketika sudah terjadi mungkin lebih sulit untuk memulihkan data ketimbang membuat yang baru. Oleh karenanya untuk menghalau serangan hacker pastikan developer website menerapkan keamanan berlapis (security layer) mulai dari level koneksi server dengan domain (IP Masking) hingga keamanan internal server seperti: firewall, brute force protection, anti xxs & sql injection, dll atau setidaknya apabila developer website tidak paham soal server pastikan penyedia hosting menerapkan keamanan berlapis.

Ancaman yang lain pada website adalah malware dan virus. Kedua ancaman ini sangat fatal karena bisa menyebabkan website terblokir dari browser sehingga tidak dapat diakses sama sekali atau website dimatikan oleh penyedia hosting karena menguras sumber daya server. Kalau keamanan server sudah berlapis bagaimana caranya malware dan virus bisa masuk? Jawabannya kembali kepada kredibilitas developer atau penyedia jasa pembuatan website, terkadang untuk mencari selisih harga ada beberapa penyedia jasa yang nakal menggunakan template atau theme bajakan yang entah disadari atau tidak sudah terinfeksi virus atau malware. Hal seperti ini banyak terjadi pada website yang dibuat menggunakan CMS (content management system) WordPress. Bukan berarti WordPress jelek, bahkan WordPress adalah CMS terbaik didunia yang telah digunakan ratusan perusahaan kelas dunia. WordPress sendiri merupakan CMS open source yang bebas untuk di gunakan tanpa membayar, namun WordPress juga membuka peluang bisnis bagi desainer dan programer web untuk mengembagkan theme atau aplikasi desain website sesuai dengan kebutuhan yang diperjual-belikan menggunakan lisensi mereka sendiri. Untuk memastikan website bebas malware dan virus perlu dipastikan juga developer website menggunakan template atau theme original berlisensi dan ada baiknya lisensi tersebut juga diperlihatkan oleh pihak developer website kepada klien agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pastikan Developer Memberikan Garansi

Di dunia ini tidak ada website yang 100% aman, selalu ada celah dalam sistem yang dapat di exploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi. Oleh karena itu sangat penting bagi developer atau penyedia jasa pembuatan website memberikan garansi berupa backup data secara berkala agar website yang terkena serangan selalu dapat dipulihkan kembali terutama pada masa ketika website sudah mulai menghasilkan konversi berupa pelanggan. Pemulihan yang cepat tentunya menjadi sangat berharga agar bisnis dapat kembali berjalan dan mendatangkan keuntungan.

Manfaatkan Layanan Web Admin

Salah satu cara mempermudah Anda dalam mengoptimasi website Anda dengan maksimal adalah memanfaatkan jasa developer website yang menyediakan layanan jasa web admin. Mungkin ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan, namun, percayalah biaya tersebut akan lebih murah dibanding merekrut seorang programmer untuk menjaga website Anda agar tetap optimal.

Sudah siap bekerjasama dengan developer untuk mengembangkan website profesional bisnis Anda? atau ingin segera mendulang keuntungan dari pemasaran online produk bisnis Anda? kami tunggu jawabannya disini

-DAP-

Leave a Comment