fbpx

Wisuda UI: Dari Bunga, Baju Unik, Sampai Mobil Pemadam Kebakaran

KAMIS (26/8) lalu, sejak pagi ruas-ruas jalan Universitas Indonesia, Depok mendadak ramai dan padat. Tidak lain adalah acara wisuda mahasiswa yang berlokasi di Balairung Universitas Indonesia yang menjadi sumber keramaiannya. Seperti wisuda di tahun-tahun sebelumnya, acara dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, dan tentunya dihadiri oleh para orang tua dan keluarga mahasiswa. Dari total 8426 wisudawan UI tahun ini meliputi 2464 program sarjana reguler, 77 program sarjana kelas internasional, 1224 program sarjana ekstensi, 1519 program diploma, 842 program profesi, 217 program spesialis, 1997 program magister, serta 86 program doktor.

Acara dibuka oleh Rektor UI Prof.Dr.der.Soz Gumilar Rusliwa Somantri serta dihadiri Duta Besar Korea HE Mr Kim Ho-young dan sejumlah guru besar dari perguruan tinggi luar negeri seperti The University of Queensland dan Universiti Teknologi Malaysia. Dengan iringan paduan suara dari 3000 Mahasiswa Baru Universitas Indonesia tahun ajaran 2010-2011, acara ini berlangsung dengan khidmat. Upacara wisuda ini pun dimaksudkan juga untuk menyambut para mahasiswa baru, yang di tahun ajaran 2010-2011 ini terdaftar sebanyak 5.457 mahasiswa program S-1 reguler dan 341 program sarjana kelas internasional.

Setelah prosesi pengukuhan, para wisudawan dan undangan berfoto bersama di studio foto bertenda yang telah disediakan panitia di area samping Balairung. Cuaca panas Depok pada siang itu tidak mengurangi rasa suka cita para wisudawan untuk mengabadikan momen di tempat-tempat yang pastinya menjadi kenangan bagi mereka, seperti di Rotunda UI, gedung Rektorat UI, pinggiran Danau Kenanga atau sekedar di ruas jalan-jalan UI. Terlihat pula beberapa mahasiswa yang memakai baju unik, berkeliling dengan mobil, bahkan sampai menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Momen pemberian bunga kepada para wisudawan oleh keluarga dan kerabat-pun tercitra di setiap sudut balairung. Tidak heran, jika para pedagang bunga membanjiri UI pagi hari itu. Rangkaian acara wisuda ini tidak hanya berlangsung tanggal 26 Agustus saja, melainkan dilanjutkan pada hari selanjutnya untuk pengukuhan wisudawan jenjang pendidikan D3 dan S1 ekstensi.

Baiklah, selamat dan sukses bagi para wisudawan dan wisudawati UI!

Windu Puspa Ningtyas

Foto: WPN

Leave a Comment